Sewindu Rumah Perubahan LPP

Sewindu Rumah Perubahan jatuh pada 23 Februari 2021 mendatang. Setelah sebelumnya dilaksanakan sebuah webinar mengundang beragam praktisi dari yang memberikan perspektif internasional soal penyiaran publik, pada 23 Februari kami akan melanjutkan sewindu RPLPP dengan rangakian diskusi lainnya.

Setelah menilik penyiaran publik dalam kacamata internasional, maka pada 23 Februri 2021 kami mengundang anda hadir pada diskusi bedah buku “Dinamika Penyiaran Publik di Indonesia” sebagai upaya menengok balik dinamika LPP di Indonesia 20 tahun terakhir.

Buku yang akan menjadi bahan diskusi bisa anda unduh di tautan berikut.

Buku ini memaparkan bagaimana dinamika pembentukan penyiaran publik di Indonesia yang ternyata tidak paripurna sehingga menyisakan banyak masalah yang tidak kunjung selesai. Di satu sisi, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang berbasis digital dan internet memaksa lembaga penyiaran publik
harus segera bertransformasi menjadi media layanan publik (Public Service Media, PSM).

Untuk itu, penulis buku ini mengusulkan agar transformasi ke arah PSM dilakukan dengan mengintegrasikan RRI, TVRI, dan KBN Antara menjadi satu kesatuan agar lebih efektif dan efisien. Kalau proyek pengintegrasian itu dapat segera dilakukan, tidak berarti problematika penyiaran publik di Indonesia sudah paripurna. Pekerjaan rumah yang tidak kalah peliknya adalah membereskan posisi lembaga penyiaran publik lokal. Di bagian akhir buku, penulis mengidentifikasi sejumlah permasalahan yang dihadapi lembaga penyiaran publik di Indonesia baik dalam level makro maupun mikro. Isu-isu tersebut membutuhkan perhatian kita untuk menyelesaikannya demi masa depan penyiaran publik yang mungkin sekali akan segera bertransformasi menjadi media layanan publik.

Kami undang anda dalam diskusi Bedah Buku ini sebagai rangakain peringatan Sewindu RPLPP-RI secara daring dengan detil sebagai berikut:

Pemantik: Darmanto (Penulis Buku Dinamika Penyiaran Publik di Indonesia) M. Kabul Budiono (Anggota Dewas TVRI), Hari Wiryawan (Dosen Universitas Sahid Surakarta), Firly Annisa (Keele University, UK). Moderator: Shinta Maharani (Pegiat RPLPP)

Agenda: Diskusi Buku Sewindu RPLPP
Jadwal: Besok Selasa, 23 Feb 2021 03:15 WIB

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.